Breaking News

Rabu, 28 Oktober 2015

Penggunaan Formula Pada Microsoft Excel


 


Penggunaan Formula Pada Ms.Excel



Setelah dipostingan sebelumnya saya telah membahas tentang pengertian dan fungsi dari Microsoft Excel, sekarang saya akan membahas tentang penggunaan formula pada microsoft excel. Langsung saja kita menuju pembahasannya.

Microsoft excel memiliki banyak fungsi diantaranya; fungsi statistik, fungsi financial, fungsi logika, fungsi database, fungsi matematika dan lain sebagainya. Secara umum fungsi harus dilengkapi dengan argumen yang berupa angka, tabel, grafik, rumus dan lain sebagainya. Saat kita memulai suatu fungsi kita harus menggunakan tanda '=' (sama dengan), dan argumen harus diapit oleh tanda kurung. 
Contohnya: =SUM(5;6;7)
                    =SUM(C1;C3;C4)
Postingan yang akan saya bahas kali ini adalah postingan mengenai fungsi statistika/hitungan matematika dan fungsi logika.

A. Fungsi Hitungan Matematika.
     Pada pelajaran matematika, kita mengenal berbagai macam operator yang digunakan untuk menghitung. Dalam berbagai fungsi microsoft excel telah menggunakan operator matematika, berikut ini operator matematika yang sering digunakan;
      + ; digunakan untuk operasi pertambahan.
       - ; digunakan untuk operasi pengurangan.
     * ; digunakan untuk operasi perkalian.
       / ; digunakan untuk operasi pembagian.
     ( ) ; digunakan operasi yang diutamakan terlebih dahulu.
      ^ ; digunakan untuk operasi pangkat.
Contoh dari kelima operator diatas adalah sebagai berikut;
 Pertambahan:

 Pengurangan:
 Perkalian:


Pembagian:

Tanda kurung:

Pangkat


Selain operator matematika seperti contoh diatas, terdapat pula fungsi matematika yang lain yang sering digunakan dalam microsoft excel. Berikut ini fungsi-fungsi tersebut;
        ABS ; menghasilkan nilai absolut
        INT ; membulatkan nilai ke bilangan yang terdekat.
        Round; membulatkan nilai ke bilangan desimal yang ditentukan.
        Even; membulatkan nilai ke bilangan genap terdekat ke atas.
        Roundown; membulatkan suatu bilangan ke bawah.
        Roundup; membulatkan suatu bilangan ke atas.
        Sqrt; menghasilkan akar kuadrat.
        Counta; menghitung sel tak kosong pada satu range.
        Countif; menghitung jumlah data dalam satu range menurut kriteria.
        Rank; mengurutkan posisi tingkatan dalam suatu bilangan.
        Mod; menghasilkan sisa pembagian
        Power; digunakan untuk menghasilkan suatu bilangan yang dipangkatkan.
        

B. Fungsi Statistik
     Suatu data dalam microsoft excel dapat diolah dengan fungsi tertentu, salah satunya adalah fungsi statistik. Fungsi statistik yang sering digunakan untuk mengolah data  dalam microsoft excel adalah SUM, MIN, MAX, AVERAGE, COUNT NUMBERS. Kelima fungsi ini biasa disebut dengan Autosum dan berada dalam kategori Math & Trig dan Statistical. Berikut ini adalah kegunaan serta contoh dari fungsi statistik.
    Fungsi SUM ; menjumlahkan data dalam satu range.
    Fungsi MAX ; mencari atau menghasilkan nilai terbesar dalam satu range.
    Fungsi MIN ; mencari atau menghasilkan nilai terkecil dalam satu range.
    Fungsi AVERAGE ; menghitung nilai rata-rata dalam satu range.
    Fungsi Count Numbers ; menghitung jumlah data dalam satu range.
Di bawah ini adalah contoh dari kelima fungsi tersebut
SUM





MAX





MIN



AVERAGE


COUNT NUMBERS





C. Fungsi Logika
     Dalam melakukan perhitungan, seringkali ditemukan adanya beberapa pilihan yang harus ditentukan. Fungsi logika digunakan untuk membandingkan dua buah nilai, nilai benar (true) dan nilai salah (false). Dibawah ini adalah fungsi logika yang sering digunakan dalam microsoft excel.
    1. Fungsi IF
        Fungsi IF tersarang 2 perintah
        Rumus=IF(Ekspresi logika, perintah 1, perintah 2)
                           Benar                 True           False
                           Salah                  False          True
       Fungsi IF tersarang 4 perintah atau lebih
       Rumus=IF(Ekslog 1, perintah 1, IF(Ekslog 2, perintah 2, IF(Ekslog3, perintah 3, perintah 4)))
       Atau
       Rumus=IF(Ekslog 1, perintah 1, IF(Ekslog 2, perintah 2, IF(Ekslog 3, perintah 3, IF(Ekslog 4, perintah 4))))

    2. Fungsi And
        Fungsi IF dan And
        Rumus=IF(And(Ekslog 1, Ekslog 2), perintah 1, perintah 2)
                                   Benar      Benar        True           False
                                   Benar      Salah         False          True
                                   Salah       Salah         False          True

   3. Fungsi OR
       Fungsi IF dan OR
       Rumus=IF(OR(Ekslog 1, Ekslog 2), perintah 1, perintah 2)
                                 Benar      Benar        True           False
                                 Benar      Salah         True           False
                                 Salah       Salah         False          True


   4. Fungsi NOT
       Fungsi IF dan NOT
       Rumus=IF(NOT(Ekslog), perintah 1, perintah 2)
                                   Benar     False          True
                                   Salah      True           False


Untuk saat ini itulah yang dapat saya jelaskan mengenai penggunaan formula pada microsoft excel. Untuk fungsi yang belum dapat saya jelaskan dan berikan contoh disini, akan saya jelaskan di postingan saya yang selanjutnya.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Published.. Blogger Templates