Penggunaan Formula Pada Ms.Excel
Setelah dipostingan sebelumnya saya telah membahas tentang pengertian dan fungsi dari Microsoft Excel, sekarang saya akan membahas tentang penggunaan formula pada microsoft excel. Langsung saja kita menuju pembahasannya.
Microsoft excel memiliki banyak fungsi diantaranya; fungsi statistik, fungsi financial, fungsi logika, fungsi database, fungsi matematika dan lain sebagainya. Secara umum fungsi harus dilengkapi dengan argumen yang berupa angka, tabel, grafik, rumus dan lain sebagainya. Saat kita memulai suatu fungsi kita harus menggunakan tanda '=' (sama dengan), dan argumen harus diapit oleh tanda kurung.
Contohnya: =SUM(5;6;7)
=SUM(C1;C3;C4)
Postingan yang akan saya bahas kali ini adalah postingan mengenai fungsi statistika/hitungan matematika dan fungsi logika.
A. Fungsi Hitungan Matematika.
Pada pelajaran matematika, kita mengenal berbagai macam operator yang digunakan untuk menghitung. Dalam berbagai fungsi microsoft excel telah menggunakan operator matematika, berikut ini operator matematika yang sering digunakan;
+ ; digunakan untuk operasi pertambahan.
- ; digunakan untuk operasi pengurangan.
* ; digunakan untuk operasi perkalian.
/ ; digunakan untuk operasi pembagian.
( ) ; digunakan operasi yang diutamakan terlebih dahulu.
^ ; digunakan untuk operasi pangkat.
^ ; digunakan untuk operasi pangkat.
Contoh dari kelima operator diatas adalah sebagai berikut;
Pertambahan:
Pengurangan:
Perkalian:
Pembagian:
Tanda kurung:
Pangkat
Selain operator matematika seperti contoh diatas, terdapat pula fungsi matematika yang lain yang sering digunakan dalam microsoft excel. Berikut ini fungsi-fungsi tersebut;
ABS ; menghasilkan nilai absolut
INT ; membulatkan nilai ke bilangan yang terdekat.
Round; membulatkan nilai ke bilangan desimal yang ditentukan.
Even; membulatkan nilai ke bilangan genap terdekat ke atas.
Roundown; membulatkan suatu bilangan ke bawah.
Roundup; membulatkan suatu bilangan ke atas.
Sqrt; menghasilkan akar kuadrat.
Counta; menghitung sel tak kosong pada satu range.
Countif; menghitung jumlah data dalam satu range menurut kriteria.
Rank; mengurutkan posisi tingkatan dalam suatu bilangan.
Mod; menghasilkan sisa pembagian
Power; digunakan untuk menghasilkan suatu bilangan yang dipangkatkan.
B. Fungsi Statistik
Suatu data dalam microsoft excel dapat diolah dengan fungsi tertentu, salah satunya adalah fungsi statistik. Fungsi statistik yang sering digunakan untuk mengolah data dalam microsoft excel adalah SUM, MIN, MAX, AVERAGE, COUNT NUMBERS. Kelima fungsi ini biasa disebut dengan Autosum dan berada dalam kategori Math & Trig dan Statistical. Berikut ini adalah kegunaan serta contoh dari fungsi statistik.
Fungsi SUM ; menjumlahkan data dalam satu range.
Fungsi MAX ; mencari atau menghasilkan nilai terbesar dalam satu range.
Fungsi MIN ; mencari atau menghasilkan nilai terkecil dalam satu range.
Fungsi AVERAGE ; menghitung nilai rata-rata dalam satu range.
Fungsi Count Numbers ; menghitung jumlah data dalam satu range.
Di bawah ini adalah contoh dari kelima fungsi tersebut
SUM
MAX
MIN
AVERAGE
COUNT NUMBERS
C. Fungsi Logika
Dalam melakukan perhitungan, seringkali ditemukan adanya beberapa pilihan yang harus ditentukan. Fungsi logika digunakan untuk membandingkan dua buah nilai, nilai benar (true) dan nilai salah (false). Dibawah ini adalah fungsi logika yang sering digunakan dalam microsoft excel.
1. Fungsi IF
Fungsi IF tersarang 2 perintah
Rumus=IF(Ekspresi logika, perintah 1, perintah 2)
Benar True False
Salah False True
Fungsi IF tersarang 4 perintah atau lebih
Rumus=IF(Ekslog 1, perintah 1, IF(Ekslog 2, perintah 2, IF(Ekslog3, perintah 3, perintah 4)))
Atau
Rumus=IF(Ekslog 1, perintah 1, IF(Ekslog 2, perintah 2, IF(Ekslog 3, perintah 3, IF(Ekslog 4, perintah 4))))
2. Fungsi And
Fungsi IF dan And
Rumus=IF(And(Ekslog 1, Ekslog 2), perintah 1, perintah 2)
Benar Benar True False
Benar Salah False True
Salah Salah False True
3. Fungsi OR
Fungsi IF dan OR
Rumus=IF(OR(Ekslog 1, Ekslog 2), perintah 1, perintah 2)
Benar Benar True False
Benar Salah True False
Salah Salah False True
4. Fungsi NOT
Fungsi IF dan NOT
Rumus=IF(NOT(Ekslog), perintah 1, perintah 2)
Benar False True
Salah True False
Untuk saat ini itulah yang dapat saya jelaskan mengenai penggunaan formula pada microsoft excel. Untuk fungsi yang belum dapat saya jelaskan dan berikan contoh disini, akan saya jelaskan di postingan saya yang selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar